Monday, November 5, 2018

Ada Yang Masih Bisa Hidup Di Limbah Cucian Jeans? (Edisi Skripsi Bagian1)

Halo, sudah lama sekali saya tidak membuka blog ini dan tidak menulis blog. Sekarang saya sedang mengerjakan skripsi. Yap sudah semester akhir. Banyak teman-teman yang sudah lulus bahkan. Tema skripsi saya tentang pencemaran lingkungan. Saya meneliti dampak limbah pencucian jeans di desa saya sendiri. Ada sekitar 3 pabrik pencucian jeans yang limbahnya tidak diolah dan langsung dibuang begitu saja ke sungai yang digunakan untuk pengairan sawah.
Masih banyak yang hidup memang tapi jauh lebih banyak hewan yang mati saking banyaknya limbah pabrik itu. Ikan yang tersisa di sungai saja hanya dua spesies yaitu ikan gabus dan ikan betok. Katak juga masih hidup tapi memiliki kelainan behavior, yang biasanya aktif di malam hari, sekarang aktif di siang hari dan tidak bersembunyi di semak-semak.
Saya sedang meneliti bagaimana pengaruh limbah pencucian jeans tersebut terhadap hati dan insang ikan betok (atau disebut juga ikan betik) yang kadang dikonsumsi masyarakat. Kita lihat bersama bagaimana pengaruhnya.
Saya bakal bahas di blog-blog setelah ini.

No comments:

Post a Comment